Skip available courses

Available courses

Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak [1]. Istilah ini dapat diterapkan pada pemerintahan, organisasi dan kelompok sektor swasta, serta individu. Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum. Jika hukum dapat memaksakan atau melarang suatu perilaku (misalnya suatu hukum yang mengharuskan pembayaran pajak penghasilan), kebijakan hanya menjadi pedoman tindakan yang paling mungkin memperoleh hasil yang diinginkan.

Kebijakan atau kajian kebijakan dapat pula merujuk pada proses pembuatan keputusan-keputusan penting organisasi, termasuk identifikasi berbagai alternatif seperti prioritas program atau pengeluaran, dan pemilihannya berdasarkan dampaknya. Kebijakan juga dapat diartikan sebagai mekanisme politis, manajemen, finansial, atau administratif untuk mencapai suatu tujuan eksplisit.

Mata kuliah ini dimaksud agar mahasiswa mampu untuk dapat merancang penelitian melalui penyusunan proposal dimulai dari latar belakang, identifikasi masalah, dan perumusan masalah serta tujuan penelitian, landasan teori, hingga prosedur penelitian mulai dari penyusunan materi, pelaksanaan lapangan, hingga analisis yang bermanfaat untuk penetapan kebijakan. Dalam hal ini dibahas baik penelitian untuk perusahaan/swasta, pemerintahan dan masyarakat, penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Mahasiswa agar mampu memahami bahwa suatu penelitian bisa untuk keperluan intern maupun untuk keperluan ekstern yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Akan dibahas berbagai macam teknik-teknik penelitian dengan contoh-contoh topik yang hangat atau isu terkini. Permasalahan yang terjadi cukup luas, sehingga dalam pelaksanaan suatu penelitian mahasiswa perlu dapat memahami permasalahan secara mendalam dan membatasi pula permasalahan pokok untuk menetapkan metode penelitian yang paling cocok.

Penjadwalan perkuliahan metodologi penelitian akan dilaksanakan dengan metode hybrid ditetapkan pada tabel berikut. Mata kuliah dalam satu semester terdiri dari 16 sesi dengan pengalokasian pada tengah semester pertama yaitu sesi 1 sd 6 dilaksanakan melalui perkuliahan e-learning, sesi 7 perkuliahan tatap muka, dan sesi 8 perkuliahan UTS; dan tengah semester kedua sesi 9 sd 15 perkuliahan tatap muka dan sesi 16 perkuliahan UAS

Dari materi e-learning diharapkan mahasiswa mempelajari lebih mendalam materi yang dibahas dari buku referensi yang telah ditetapkan. Pada sesi 7 dilaksanakan melalui tatap muka, maka diadakan review dari perkuliahan yang telah diberikan sebelumnya, dan membahas tugas perorangan berupa pembuatan proposal penelitian.

Bahan ajar dalam e-learning diatur berupa power point/slide, substansi bahasan/ringkasan bahan ajar, soal/kuis, dan forum diskusi/tugas.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Manjemen,  Alfabeta, Bandung
  2. Lexy J. Moleong, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
  3. Neuman, W. Lawrence, 2013, Metodologi Penelitian Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, PT Indeks, Jakarta.

Pembangunan daerah adalah pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata, baik dalam aspek pendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses terhadap pengambilan kebijakan, berdaya saing, maupun peningkatan indeks pembangunan manusia. Sedangkan Perencanaan Pembangunan Daerah adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah/daerah dalam jangka waktu tertentu.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah yang selanjutnya disingkat RPJPD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 20 (dua puluh) tahun. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang selanjutnya disingkat RPJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun.

DAFTAR PUSTAKA

1. UUD 1945 - Pembukaan, Batang tubuh
   Bab I. Bentuk dan Kedaulatan
   Bab VI. Pemerintahan Daerah
2. Rencana pembangunan jangka panjang dan menengah    daerah
3. Supriatna, Tjahja, 2000. Strategi pembangunan dan    Kemiskinan, PT.Rineka Cipta, Jakarta
4. Osborne, Dovial and Tech Gaebler, Reinventing    Government, Penguin Group, New York
5. Koeswara, E.Kertapradja, 2011. Pemerintahan daerah,    Innex, Jakarta

Berisi pengetahuan  praktis dari dunia nyata tentang penerapan IT dan dampak yang diberikannya, mulai dari perubahan sikap pada individu profesional IT, pengguna hingga pada oragnisasi atau usaha /pola bisnis serta ke jabatan yang timbul dari aspek atau peraturan hukum yang diperlukan.

Tujuan

  • Memberikan pengetahuan praktis kepada peserta kuliah tentang penerapan IT dan dampaknya didalam dunia riil atau nyata
  • Menumbuhkan motivasi kepada peserta kuliah untuk berinovasi didalam kehidupan sehari-hari

Luaran

Mahasiswa akan memeiliki pengetahuan tentang Sosioteknologi Informasi untuk mengaplikasikan pengetahuan ITnya didalam dunia nyata.

Pokok bahasan dari Matakuliah Sosio Teknologi Informasi berisi pengetahuan praktis dari dunia nyata tentang penerapan IT dan dampak yang diberikannya, mulai dari perubahan sikap pada individu profesional IT, pengguna hingga pada oragnisasi atau usaha / pola bisnis serta ke jabatan yang timbul dari aspek atau peraturan hukum yang diperlukan.

Daftar Pustaka :

Pustaka Umum : Information Technology for Management
Pustaka Pendukung : Softskills

Pada matakulian ini ini mencakup Overview Customer Relationship Management (CRM), Pemahaman tentang Relationship, Perencanaan & Implementasi Proyek CRM, Basisdata Pelanggan, Customer Portfolio Mangement (CPM), CRM & Pengalaman Pelanggan, Creating Value  untuk Pelanggan, Ujian Tengah Semester, Mendapatkan Pelanggan Baru, Customer Retention & Development, Mengelola Jaringan untuk peningkatan kinerja CRM, Mengelola Pemasok dan Relasi Partner, Mengelola Investor dan hubungan dengan pegawai, IT untuk Customer Relationship, Otomatisasi Pemasaran

Daftar Pustaka

Buttle, Francis. (2009). Customer Relationship Management, (2nd Edition). Elsevier Publishing

Perkuliahan Manajemen Proyek Sistem Informasi akan memberikan pengertian dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pengelolaan kegiatan proyek sistem informasi, mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengahiran suatu proyek.

Daftar Pustaka

IT Project Management, Kathy Schwalbe, Thomson Course Technology, 2006.

Project Management, Jack R Meredith, John Wiley & Sons, Inc., 2006.

A Guide to Project Management Body of Knowledge, ANSI 99-001-2004.

Pokok bahasan dari Matakuliah Sosio Teknologi Informasi berisi pengetahuan praktis dari dunia nyata tentang penerapan IT dan dampak yang diberikannya, mulai dari perubahan sikap pada individu profesional IT, pengguna hingga pada oragnisasi atau usaha / pola bisnis serta ke jabatan yang timbul dari aspek atau peraturan hukum yang diperlukan.

Daftar Pustaka :

Pustaka Umum : Information Technology for Management

Pustaka Pendukung : Softskills